Kamis, 02 Desember 2010

Yakult, minuman probiotik


Probiotik, Kuman Baik Untuk Tubuh Sehat
19 Sep 2007
Bagi Anda yang menggemari minuman kesehatan, tentu sudah tidak asing lagi
dengan minuman yang mengandung probiotik, yang fungsinya untuk menjaga
keseimbangan bakteri saluran cerna. Sebut saja salah satunya Yakult, pelopor
probiotik di dunia, yang sampai saat ini dikonsumsi setiap hari oleh kurang lebih
25 juta orang di 27 negara, termasuk Indonesia.

Pertanyaan yang timbul adalah kenapa harus probiotik ? Lantas apa sih yang
dimaksuddengan probiotik itu sendiri ? Kenapa, minuman ini memiliki manfaat
yang begitu besar untuk menjaga kesehatan tubuh. ?

Di dalam usus kita, terdapat kurang lebih 100 jenis bakteri, kata
Prof. Agus Firmansyah, MD,Phd, Kepala Departemen Kesehatan Anak, 
Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia kepada rileks.com, 
usai acara peluncuran varian terbaru Yakult, ACE, Selasa, 18/9-2007.

Bakteri-bakteri ini, lanjut Prof. Agus, Sebagian merupakan bakteri menguntungkan,
sebagian merugikan. Untuk menjaga kesehatan diperlukan keseimbangan antara kedua
jenis bakteri tadi, di mana jumlah bakteri yang menguntungkan harus lebih banyak dari
bakteri merugikan.

Nah, probiotik sendiri adalah kuman yang bila dikonsumsi akan memberikan dampak
positif bagi kesehatan (kuman baik), sedangkan prebiotik adalah bahan
(biasanya karbohidrat) yang bila dikonsumsi akan merangsang pertumbuhan
kuman probiotik.

Probiotik berasal dari bahasa yunani pro bios yang berarti untuk kehidupan.
Kuman ini banyak di dapat dalam keju dan susu fermentasi telah dikenal sejak zaman
Yunani dan Romawi. Konon, masyarakat di zaman ini kerap menganjurkan pemberian
probiotik pada anak dan orang yang baru sembuh dari sakit. Meski kerap dianggap
mitos, pada kenyataannya masyarakat di zaman ini percaya akan khasiat probiotik
dalam keju dan susu fermentasi.

Sebagai produk minuman kesehatan, saat ini dalam satu botol kemasan Yakult
mengandung 6.5 milyar probiotik L. casei Shirota strain, yang efektif mendorong
pertumbuhan bakteri menguntungkan dan menekan pertumbuhan bakteri merugikan.
Disamping itu, Yakult sampai kini diyakini bermanfaat untuk mengeluarkan racun
dari tubuh, meningkatkan imunitas, dan mencegah gangguan pencernaan
(diare dan sembelit).

Seiring dengan makin berkembangnya kebutuhan akan konsumsi kuman baik ini,
selaku produsen Yakult, PT. Yakult Indonesia Persada, meluncurkan varian terbaru,
Yakult Ace yang mengandung bakteri baik L.casei Shirota strain 4,6 kali lebih banyak
dibanding produk originalnya yang selama ini sudah dikenal.

Selain kandungan probiotik yang tinggi, menurut Jimmy Hariantoro, 
Factory General Manager PT.Yakult Indonesia, Yakult Ace juga diperkaya vitamin
dan mineral, antara lain kalsium, vitamin D, B3, B6, serta B12, sehinga selain menjaga
sistem pencernaan produk terbaru ini juga baik untuk kulit dan tulang.

"Diposisikan sebagai produk premium untuk melengkapi produk yang telah ada,
Yakult Ace juga mengandung probiotik unggul L. casei Shirota strain sama seperti
Yakult original, hanya saja kandungannya lebih tinggi, yaitu lebih dari 30 milyar.
Sama halnya dengan produk original, Yakult Ace juga terbuat dari susu bubuk skim
rendah lemak yang diolah melalui proses sterilisasi dan fermentasi. Perbedaan hanya
ada di kemasan saja, kalau Yakult original tersedia dalam kemasan botol 65 ml,
Yakult Ace hadir dalam kemasan 80 ml," tukas Jimmy.

Meski minuman ini bisa dikonsumsi setiap orang, termasuk anak-anak, menurut
Jimmy, Yakult sangat dianjurkan bagi orang yang sedang dalam masa penyembuhan
setelah sakit, para manula, serta mereka yang sedang mengalami penurunan daya
tahan tubuh.

"Dianjurkan untuk mengonsumsi satu botol setiap hari, berapa jumlah idealnya,
berpulang pada si pemakainya. Tetapi makin banyak yang diminum makin banyak
kandungan bakteri menguntungkan yang masuk, sehingga dapat tercipta
 daya tahan tubuh yang baik,"paparnya.

Sejumlah riset memang telah membuktikan konsumsi bakteri baik atau
probiotik memiliki banyak manfaat positif bagi tubuh, yakni mencegah terjadinya
gangguan cerna, seperti sembelit atau diare, mengurangi jumlah bakteri jahat di dalam
usus, memperbaiki dinding usus, serta meningkatkan ketahanan tubuh.

Selain kandungan probiotik yang tinggi. Yakult Ace juga diperkaya vitamin dan mineral.
Tiap botol Yakult Ace memiliki kandungan gizi sebagai berikut:

Protein       1,0 gram
Lemak         0,03 gram
Karbohidrat   14,6 gram
Kalsium       58,8 miligram
Niacin (B3)   17,0 miligram
Vitamin B6    1,2 miligram
Vitamin B12   2,5 mikrogram
Vitamin D     1.0 mikrogram

Kandungan kalsium dan vitamin D yang terdapat di dalamnya bermanfaat membantu
pembentukan tulang dan gigi. Sebab kedua bahan tersebut berperan mencegah
terjadinya pengeroposan tulang. Vitamin B3 atau niacin membantu mencegah pellagra,
dermatitis dan dementia. Sementara itu vitamin B6, di antaranya, berguna membantu
pembentukan hormon, sel darah merah dan saat disinergikan dengan B12 dapat membantu
mencegah risiko terkena anemia.

Untuk sementara, Yakult Ace masih diimpor dari Malaysia. Di negara jiran yang
penduduknya memiliki kesadaran akan kesehatan yang cukup tinggi ini, Yakult Ace
telah ada sejak 3 tahun yang lalu dan mendapat respon yang cukup baik dari konsumen.
Ke depan Yakult Ace direncanakan akan diproduksi di Indonesia di pabriknya
yang beralokasi di Sukabumi, Jawa Barat.

Sumber :
http://www.rileks.com/lifestyle/trendz/women/4154-probiotik-kuman-baik-untuk-tubuh-sehat.pdf

43 komentar:

  1. kalo boleh tw,dapet bakteri L. casei Shirota strain dpetnya darimana sih?

    BalasHapus
  2. kalo yakult diminum, kan ada yg kentel2 gitu...
    itu bakterinyakah??
    atau ap??
    :o

    BalasHapus
  3. kenapa kalo minum banyak2 jadi mules ??

    BalasHapus
  4. konsumsi terlalu banyak ada efek sampingnya g...?

    BalasHapus
  5. apa acontoh2nya nama bakteri jahat yang ada dalam tubuh kita???

    BalasHapus
  6. tu kan ternyata mikrobiologi tu penting. bersyukurlah teman2 masuk TIP jadi ntar bisa buat Yakult gitu dech

    BalasHapus
  7. Heummmm, yummiii tuh...
    asem-asem ketek gitu. hwohoooooo....

    Seandainya kita melihat pake mikroskop, kliatan tu kalo yang kita minum bakteri semua. tapi bakteri baik, suka membantu, dan suka menolong. hyaha..

    BalasHapus
  8. coba yakultnya di jadiin froyo juga, enyak eynak pastinya :)

    BalasHapus
  9. ternyata banyak manfaatnya juga ya kalo tiap hari minum yakult

    =)

    BalasHapus
  10. kenapa katanya klo minium yakult sebaiknya minum 2x sehari?

    BalasHapus
  11. bedanya yakul dengan minuman sejenis merk lain gmn?

    BalasHapus
  12. kalo yakult yg ace ini bedanya sama yakult biasa ap ya?

    BalasHapus
  13. ada efek samping gag??contohe apha??

    BalasHapus
  14. kalo dikonsumsi tiap hari bisa ga ?

    BalasHapus
  15. kenapa sih kalo kita habis makan makanan yg dibakar itu sebaiknya minum yakult?

    BalasHapus
  16. ada gag hubunganya minum anti biotik ama bolak balik solo skeman?????hahaha daya tahanya hebat yah

    BalasHapus
  17. Yakult Ace sama Yakult original bagusan yang mana?

    BalasHapus
  18. Yakult tu baiknya diminum tiap hari ga? kalo iya, berapa kali sehari?

    BalasHapus
  19. Dulu waktu kecil aku pernah minum yakult 6 apa 10 botol kecil gitu trus masuk rumah sakit, padahal kan itu yang lama. yang Ace lebih banyak probiotiknya kan? Enggak bahaya tuh buat anak-anak?
    (anak-anak kan lok dah suka langsung...-_-" gitu deh )

    BalasHapus
  20. yakult masih di impor dari malaysia? karena Indonesia g bisa bikin apa gimana?

    BalasHapus
  21. gimana kalo mengonsumsinya lebih dari 2 kali sehari?? bakterinya berubah jadi jahat nggak??

    BalasHapus
  22. gan mau share pengalaman. jaman ane sma dulu, ane suka masukin tuh yakult ke freezer. bakterinya bisa mati ga gan??

    BalasHapus
  23. apa keunggulan yakult dari produk2 lainnya????

    BalasHapus
  24. klo dikonsumsi tiap hari ada efek sampingnya g ?

    BalasHapus
  25. yakult sendiri terbuat dari apa ja?

    BalasHapus
  26. @grandis : bakteri itu didapat lewat proses fermentasi...

    BalasHapus
  27. manfaatnya banyak mana minuman prebiotik kayak yakult sama yoghurt...??

    BalasHapus
  28. bakteri apa aja yang ada di yakult trus ada vitamin apa aja ya??
    kalau berbeda rasa, apa ada pengaruh kandungan vitaminya?

    BalasHapus
  29. kan banyak yakult merk nya berbeda semua
    lah semua itu bergizi kaga ya ?

    BalasHapus
  30. @Yanis : karena mengandung asam... (kayanya)

    @uur : cukup 2 kali aja sehari

    @mano : Salmonella typhosa, Shigella dysenteriae,
    Vibrio comma, Haemophilus influenza,Diplococcus pneumoniae, Mycobacterium tuberculosis,Clostridium
    tetani, Neiseria meningitis, Neiseria gonorrhoeae, Treponema pallidum, Mycobacterium leprae, Treponema pertenue

    @mzbudi, fandy, wita , fahmi: pastinya...


    @agil : Yah, karena bakteri jahat berkembang 2x sehari..

    @awang:mau tau rahasianya?

    BalasHapus
  31. prebiotik ma probiotik sama gag sih artinya...?
    pernah ada soal nanyain artinya tuh istilah...

    BalasHapus
  32. @nina : beda lah...
    Pre => sebelum
    Pro => mendukung...

    BalasHapus
  33. rachmainsani19 Mei 2011 18.41

    kalo apakah bisa meng hindari perut'y sakit teruz gak bsa buang air besar????

    BalasHapus
  34. ada ga fariasi rasa lainya ?????

    BalasHapus
  35. Kalau minumnya kebanyakan. Ada efek sampingnya ?


    Tolong dibalas gan

    BalasHapus
  36. permisi...
    salam kenal...

    info blognya bagus, tapi sayang backgrounnya gelap jadi kurang nyaman browsingnya...

    kalau saja agak sedikit cerah, wuuuuuuiiih saya akan lebih lama lagi pantenginnya...

    just saran aja, boleh ya...

    BalasHapus
  37. good morning, visit today to u'r blog. pls come back again to my blog...

    BalasHapus
  38. kunjungi ya blog saya di: http://wahid-biyobe.blogspot.com/

    BalasHapus
  39. ada yang tau market share yakult gak ?

    BalasHapus
  40. sempet bingung perbedaan yakult sama yoghurt ..atau emang sama kah??????????????

    BalasHapus
  41. mas susilo tau market share produk yakult ga?

    BalasHapus